IKON TERTUA 1 – Katakombe Marcellinus dan Petrus

Sebelumnya kita telah menilik penggambaran Tuhan kita dalam Fresko dari Katakombe-katakombe kuno, yang hanya berupa simbolisasi seperti seorang gembala yang baik, seekor ikan, tulisan (XP atau A dan O).

Sekarang, kita akan melihat Ikon tertua yang pernah ada, yang paling mendekati dengan kanon Ikonografi yang kita kenal sekarang ini. Ikon ini berasal dari Katakombe Marcellinus dan Petrus.

Katakombe Marcellinus dan Petrus berada di Jalan Labicana kuno, di Roma. Nama katakombe ini mengambil nama dari dua martir yang menurut tradisi dikuburkan disini. Beberapa fresko dalam katakombe diperbaiki pada kemudian hari.

Katakombe ini menyimpan salah satu Ikon Tuhan kita. Ikon ini sudah disertai dengan: halo, inskripsi gelar (ketimbang nama) Tuhan kita, dan posisi tangan dan rambut yang mirip dengan yang kita kenal pada hari ini. Faktor-faktor yang belum bisa ditemukan pada mural-ikon yang terdahulu.

Katakombe ini bukan hanya menyimpan fresko Kristiani, tetapi terdapat juga  berbagai fresko yang bercita-rasa agama romawi terdahulu, contohnya fresko Orfeus memainkan Lyre, yang adalah dewa dari agama Yunani kuno.

Ikon Kristus bersama Petrus dan Paulus dan Anak domba beserta keempat orang kudus.

Berasal dari sekitar tahun 400-420 M

Tuhan kita dan orang kudus berada dalam busana petinggi Romawi. Tuhan kita duduk diatas kursi rajani dan terbalut dalam busana berwarna ungu. Ia memiliki halo yang berisi huruf XP (Kristus) dan dikelilingi oleh huruf A (alfa) dan O (omega). Tangan kanannya memberikan berkat dengan dua jari, tangan kirinya memegang sebuah prasasti yang bertuliskan sesuatu. Tatapan matanya tegas menatap ke arah pemandang, rambut dan janggutnya panjang.

detail Ikon Tuhan kita

(CT)